Senin, 23 Maret 2020

Home Learning yang Membawa Berkah

Kebijakan Home Learning yang ditetapkan oleh pemerintah cukup mendadak, saya belum sempat bertemu dengan para siswa untuk membahas media pembelajaran apa yang sebaiknya kami terapkan.
Ternyata virus corona atau covid 19 membawa dampak positif bagi guru, karena tuntutan harus menggunakan pembelajaran online, maka guru mau tidak mau harus belajar LSM ( Learning Management System ) untuk menerapkan pembelajaran saat ini.

Pada awal pelaksanaan home learning, saya menggunakan  aplikasi yang paling banyak digunakan dan yang paling mudah untuk menunjang interaksi dengan siswa, yaitu dengan menggunakan WA. Saya menyiapkan ringkasan materi dalam bentuk word kemudian file nya saya kirim lewat WA, demikian juga dengan tugas siswa.

Suatu ketika, saya sharing dengan beberapa guru tentang aplikasi yang kita gunakan untuk pembelajaran dari rumah, ada beberapa teman guru yang menggunakan Google Classroom. Sayapun bertanya kepadanya dan banyak membahas tentang aplikasi itu. akhirnya sayapun tertarik untuk bisa menggunakan aplikasi itu.

Selanjutnya saya belajar tentang google classroom dari beberapa teman, yang terangkum sebagai berikut:

 1. Cara login/masuk ke google Classroom

     Cara login ke google classrom adalah buka browser mozila atau google crome, ketik  google classrom           di google, login menggunakan akun google atau akun @gmail.com.

2. Cara membuat kelas di Google Classroom

    untuk membuat kelas di google classrom caranya mudah, setelah masuk di google classrom, clik tanda +        di pojok kanan atas pilih buat kelas/creat class, isi title dengan nama Mapel yang diampu misalkan                BAHASA INDONESIA, isi subject dengan nama kelas yang diajar misalkan X- TITL1 kemudian klik          creat/Buat. kelas yang dibuat sudah selesai. Bagi kode kelas tersebut ke anak2 dengan cara copy atau          bisa di screnshot code kelasnya kemudian kirim di group Whatsapp.

3. Cara membuat Topik

     Topik digunakan untuk menagement tugas atau materi yang diberikan, supaya tugas atau materi yang             diberikan tertata rapi, buatlah topik dulu caranya ketik Classwork/Tugas kelas, pilih +create/+Buat, pilih       topik yang paling bawah, beri nama topik misalkan MATERI kemudian klik add/Tambahkan. ulangi lagi         untuk membuat topik yang lain misalkan TUGAS, UH dan lainya sesuai kebutuhan

4. Cara upload materi di google classrom

       seperti membuat topik, mengupload materi caranya hampir sama. klik menu Classwork/Tugas kelas,             pilih +create/+Buat, pilih Material/Materi, ketik judul materi yang disampaikan, pada descripsi ketik               petunjuk dalam pemberian materi. klik Add/Tambahkan, disitu ada beberapa file yang mau di upload             ada Google Drive berarti mengambil file yang tersimpan di google drive, Link berarti kita mau                       memberikan  materi misalkan ambil di blok maka link materi blok disematkan disitu, pilihan yang ke tiga         yaitu file jika yang materi yang akan di upload berupa file yang di ambil di laptop filenya berupa .doc, .           ppt, .jpg dan sejenisnya. yang keempat adalah youtube jika materi yang diberikan berupa video yang            diambil di youtube. ada lagi jika materi yang berikan diketik di dokumen secara online pilih buat disitu            banyak pilihan berupa .doc, sprenshet . slade, gambar dan sejenisnya.
      setelah file sudah diambil sesuai kebutuhan. klik topik pilih materi, supaya nanti menyimpanya di topik            materi. kemudian klik posting pada pojok kanan atas

5. Cara memberikan tugas di google classroom

       Seperti membuat materi cara memberikan tugas langkahnya sama, klik menu Classwork/Tugas kelas,             pilih +create/+Buat, pilih Assingment/Tugashanya, isi judul dan descripsi, pilih file yang akan di tugas             kan, klik upload. isi Tenggat/Due dengan waktu atau tanggal berakhirnya tugas yang akan dikumpulkan.        dan jangan lupa pilih topik TUGAS. kalau sudah terisi semua pilih TUGASKAN pada pojok kanan atas.






Menurut saya, ketika siswa menggunakan aplikasi itu akan lebih terasa nuansa belajar mereka.Saya memahami bahwa ada siswa yang belum memiliki hp sendiri, tetapi paling tidak, ada salah satu keluarga siswa yang memiliki hp, ada juga tempat tinggal siswa yang sinyalnya kurang bagus pada waktu-waktu tertentu sehingga saya tidak membatasi pukul berapa siswa mengirim tugas.

Sebenarnya saya agak khawatir ada siswa yang kesulitan memahami cara memakai google classroom, ternyata setelah saya coba, Alhamdulillah sebagian besar siswa bisa bergabung ke classroom saya.
Inilah Home Learning yang membawa berkah buat guru, terutama saya dan juga para siswa.

# Tetap Belajar!
# Tetap semangat!
# Belajar menjadi blogger!

9 komentar:

Mengajar Gaya Motivator

GURU BETULAN ATAU GURU KEBETULAN   ? Pertanyaan ini hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Mengapa ada pertanyaan seperti itu? A...