Rabu, 04 Maret 2020

Belajar Menulis bersama  Om Jay
Gelombang 4

Pertemuan 2 : Rabu, 4 Maret 2019
Waktu : Pukul 19.00 – 21.00 WIB
Pemateri : Dedi Dwitagama
Topik : Merawat Motivasi , Mengelola atau Menulis di Blog

Assalamualaikum wr.wb. Pada materi kedua kali ini, saya mendapatkan pemateri yang hebat dengan segudang pengalaman dan prestasi yang sangat WOW...yaitu Bapak Dedi Dwitagama.
Saya sangat bersyukur bisa belajar melalui group WA "Belajar menulis bersama Om Jay " sehingga saya bisa belajar menulis, terutama menulis di blog.
 Selama ini saya termasuk orang yang gaptek, tapi saya tetap ingin belajar meskipun merasa sangat minim ilmu tentang menulis di blog. Namun, dengan membaca hasil tulisan teman- teman dan juga para pembimbing/ Pemateri, tumbuhlah keinginan saya untuk belajar menulis.
Selanjutnya saya akan mencoba membuat resume materi yang telah disampaikan boleh Bapak Dedi Dwitagama, beliau menyampaikan bahwa
Menulis bisa kapan saja dan dimana saja, saat menunggu rapat, saat menjemput anak, di parkiran dan lain-lain. Dengan blog, kita bisa merasakan hal- hal yang tidak bisa diungkapkan di sekolah atau di kelas bisa diungkapkan secara leluasa lewat blog, termasuk menceritakan hobi kita.

Blog sering digunakan oleh jurnalis profesional yang mempunyai artikel dan tidak bisa diterbitkan di medianya karena bertentangan dengan missi media di mana dia bekerja.

Blog juga bisa digunakan untuk promosi sekolah atau mempromosikan hal- hal lain.
Selain itu, cara agar kita konsisten dalam menulis di blog bisa juga misalnya setelah membuat kue atau menu- menu masakan favorit kemudian difoto- foto dan hasilnya di upload di blog dengan ditambah sedikit tulisan- tulisan untuk memperjelas foto- foto tersebut. Contoh lain , saat kita berpenampilan menarik dan maksimal bersama pasangan kita di gedung resepsi, difoto dan di upload dengan sedikit cerita yang menyenangkan, Jika pasangan kita tahu, dia pasti suka.

Cara menghilangkan rasa was-was tentang tulisan yang kita buat bisa menyinggung pihak lain padahal tulisan yang kita buat itu memang sesuai dengan kenyataan yaitu dengan cara mengganti nama asli dan lokasi dengan nama samaran dan lokasi samaran, kasusnya boleh persis, hal ini untuk menghindari jeratan atau pelanggaran pasal ITE.

Kalau mau menulis yang gampang dan tidak was-was, setiap kuliner, makan apa saja dan di mana saja, jalan-jalan sendiri atau bareng keluarga, posting saja foto-foto dan sedikit penjelasannya, pasti aman.

Jangan takut salah dalam menulis, kalau kita takut salah, kita tidak akan menulis dan tidak akan melahirkan karya apapun, berani saja, perhatikan blog- blog orang lain, nanti kita akan mengetahui trik-triknya.
Nulis deh... dengan perasaan aman dan nyaman.

Terimakasih....

3 komentar:

  1. Semangat terus Bu menulisnya. Semoga blognya selalu update 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims mas Bryan....saya baru bangun dari mimpi yang lama tak terwujud karena kurang percaya diri untuk menulis... Trims telah memberi motivasi ya...

      Hapus
    2. Trims mas Brian, telah menjadi penyemangat saya, saya ini orang yang baru bangun dari mimpi yg panjang... mimpi yang ingin belajar menulis... mas Brian dan teman- teman serta Om Jay yang memberi inspirasi buat saya.

      Hapus

Mengajar Gaya Motivator

GURU BETULAN ATAU GURU KEBETULAN   ? Pertanyaan ini hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Mengapa ada pertanyaan seperti itu? A...