Selasa, 10 Maret 2020

"BAGAIMANA MENJADI SEORANG TRAINER"

Hari/ tanggal: Minggu,  8 Maret 2020
Pemateri : Bapak Wijaya Kusuma.

Seperti biasa Om Jay selalu menyapa semua peserta belajar menulis Bersama Om Jay dengan salam hangatnya, " Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.."

Malam ini omjay akan berbagi pengalaman menjadi seorang trainer. Kami berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada kawan-kawan guru lainnya di berbagai daerah di Indonesia.
Menurut  Om Jay: Menjadi seorang trainer dibutuhkan stamina yg luar biasa. Sebab dia bicara dari pagi hingga sore hari. Dia harus kuat bertahan selama 8 jam dalam sehari bila pelatihannya dari jam 08.00 sampai 16.00 wib. Oleh karena itu omjay selalu menjaga stamina tubuh dengan banyak berolahraga. Harus bisa mengelola waktu dengan baik dan ingatlah selalu bahwa menulis itu menyehatkan jiwa dan raga kita. Mereka yg suka menulis akan jauh dari berbagai penyakit asalkan tahu caranya.
Untuk memulai menulis, mulailah dari apa yang disukai dan kuasai. Menulislah dari hatimu maka engkau akan temui hati para pembaca setia tulisanmu. Itulah yg diajarkan guru blogger belau, Bapak Dedi Dwitagama dan Bapak Agus Sampurno. Mereka kakak beradik yang sangat luar biasa. Blognya pak dedidwitagama.wordpress.com dan blognay pak agus gurukreatif.wordpress.com selalu ramai pengunjungnya. Mereka berdua adalah trainer hebat yang omjay kenal. Pintar nulis dan juga pintar bicara.

Cara Om Jay menjaga stamina tubuh adalah dengan menyayangi istri sepenuh hati dan sepenuh jiwa. Dengan begitu kita berdua saling melengkapi dalam hidup ini.

Selanjutnya Om Jay membagikan ilmu tentang cara menciptakan kebiasaan harian agar sukses:

_CIPTAKANLAH KEBIASAAN HARIAN UNTUK SUKSES_

Oleh: Fahd Al-Ahmad

Sekitar 22 tahun yang lalu, saya mendapatkan pelajaran penting untuk sukses, yaitu :
*_SUKSES ITU KONSISTENSI._*

_Sukses itu tidak selamanya tergantung pada kuantitas, tapi ia memerlukan konsistensi._

_Sukses itu tidak selamanya memerlukan kerja besar dan cita cita besar, tapi lebih memerlukan pembiasaan kebiasaan harian yang mudah tapi dilakukan seumur hidup._

_Buatlah keputusan untuk membangun kebiasaan harian yang rutin, tanpa membebani pikiran dengan kesuksesan besar._

_Contoh_ :
*_Tak perlu membebani pikiran dengan keinginan menghafal Al-Qur'an 30 Juz, tapi mulailah menghafal beberapa Ayat setiap hari, atau dua Ayat setiap hari, atau bahkan walaupun hanya satu Ayat setiap hari._
 
*_Tak perlu membebani pikiran dengan keinginan untuk mengembalikan bentuk tubuh yang ramping, tapi mulailah mengkhususkan waktu 30 menit setiap hari untuk berolah raga._

*_Tak perlu membebani pikiran dengan keinginan untuk menguasai ilmu tertentu, tapi mulailah kebiasaan membaca buku tentang ilmu itu, beberapa halaman setiap hari_.

*_Tak perlu membebani pikiran dengan menjalankan diet ketat untuk menurunkan berat badan sampai 30 kg dalam 2 bulan, tapi mulailah membangun pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat setiap hari._

_Usia kita semua berlalu dengan cepat._
_Kalau kita merutinkan kebiasaan sukses setiap hari, walaupun sederhana dan mudah, in sya Allah, kita akan sangat heran dengan kesuksesan yang kita capai setelah satu tahun atau dua tahun yang akan datang._
_Kita tidak sekedar mewujudkan impian kita selama ini, tapi kita mencapai kesuksesan yang jauh melebihi apa yang kita impikan._ 
_Kita saja akan terheran heran, apalagi orang lain._

_Coba bayangkan bahwa kita menetapkan untuk mengkhususkan 75 Menit (1 jam 15 menit) setiap hari untuk empat kebiasaan harian_ :

_1. 15 menit khusus untuk menghafal Al-Qur'an._

_2. 30 menit khusus untuk joging._

_3.15 menit khusus untuk membaca buku yang membahas ilmu tertentu, untuk pengembangan diri._

_4. 15 menit khusus untuk  -misalnya- mempelajari Bahasa Asing._

_In sya Allah, beberapa tahun kemudian, -yang akan berlalu dengan sangat cepat-, kita akan heran bahwa kita sudah hafal Al-Qur'an 30 Juz,_ 
_kita juga sudah mencapai bentuk tubuh yang atletis,_
_kita juga sudah membaca puluhan buku yang berkualitas_,
_kita juga sudah menguasai Bahasa Asing yang kita pelajari._

_Semua itu bisa kita capai dengan hanya menyisihkan 1 Jam 15 menit setiap hari._
_Sangat singkat sekali, karena selain itu, kita masih punya waktu 22 Jam 45 menit setiap hari._

_Sukses itu secara sederhana, memerlukan_ :

*_KEBIASAAN SUKSES SETIAP HARI._*

_Kesuksesan kesuksesan harian itu bertumpuk dan menyatu menjadi SUKSES BESAR yang melampaui impian semula._

_Ringkasan tulisan ini ialah_ :
_"Sesungguhnya amal yang paling disenangi oleh Allah ialah_ :
*_AMAL YANG PALING RUTIN, WALAUPUN SEDIKIT"_*. 
_Itulah yang disabdakan oleh Nabiyyul Ummah, Nabi Muhammad -Sallallahu 'Alaihi Wa Sallam- sebagaimana yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim._

_(Kebiasaan menyebarkan tulisan yang bermanfaat, salah satu amal yang penting untuk kita rutinkan dengan niat ikhlas)_

Diterjemahkan oleh:
Dr. Muzakkir M. Arif

Selanjutnya bagaimana menjaga stamina. Khususnya untuk orang yang sudah berumur, pulang ngajar badan sudah loyo.
Maka Om Jay menganjurkan bahwa Jaga stamina anda bersama pasangan anda. Cinta sejati itu membuat sepasang suami istri tak pernah loyo walaupun banyak masalah yg dihadapinya.
Bagi kita yang kesulitan membagi waktu untuk membaca karena terlalu banyak aktivitas yang harus dilakukan setiap hari, disini Om Jay menganjurkan untuk minum madu  dan hasilnya dahsyat sekali. Stamina  selalu sehat . "Saya bisa membagi waktu saya untuk membaca dan menulis. Sebab keduanya seperti makan dan minum. Bila tak makan dan minum saya akan kelaparan. Begitu pula bila tidak membaca, saya akan kehilangan kata-kata."  Jelas Om Jay. 
Sebab mereka yg bisa menulis karena rajin membaca. Rabun membaca lumpuh menulis. Begitulah pesan dari penyair terkenal Taufik Ismail.

Selain stamina kiat  untuk meyakinkan seseorang atas profesionalisne kita
 adalah mau mendengarakn perkataan istri tercinta. 
Om Jaya membagikan tips caranya membagi waktu, Waktu kita sama. Kita dpt jatah 24 jam. Beliau membaginya dalam 3 waktu. Dunia nyata, dunia maya dan dunia mimpi. Kita harus membaginya secara proporsional. Waktu di dunia nyata jelas harus lebih banyak daripada dunia maya dan dunia mimpi. Kalau ketiga waktu itu bisa kita kelola dengan baik, maka kita akan sukses dunia dan akhirat.
Dalam melaksanakan tugas sebagai trainer, Om Jay sangat didukung oleh atasan dan juga teman- teman seprofesinya. Meskipun banyak tugas luar, Om Jay tidak pernah meninggalkan kelas, karena beliau menerima job pada hari Sabtu dan Minggu. Sebagai trainer beliau juga selalu memberikan contoh dan keteladan yg baik. Pimpinan sekolah senang. Istri di rumah juga mendukung. Beliau selalu berkomunikasi dulu dengan istri ketika menerima pekerjaan sebagai trainer. Ketika istri kita ikhlas dan ridho melepaskan kepergian kita, maka rezeki akan lancar dan tidak ada yang merasa dirugikan. 
Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa semua orang didasar hatinya yang terdalam pasti ingin sukses ,hari ini saya menyaksikan bahwa lewat tulisan seseorang bisa melesat jauh menembus ruang dan waktu ,ketajaman hati dan perasaan  dapat dituangkn lewat pena. Apalagi bagi yang nyambi sebagai ibu rumah tangga,pingin produktiv menulis tetapi sudah terkuras energinya. Terlalu lama pegang hp juga anak suami protes , tapi menjadi trainer adalah pilihan hidup. Oleh karena itu hiduplah dengan memberi sebanyak banyaknya. Bukan menerima sebanyak banyaknya. Itulah pesan pak Harfan dalam film Laskar Pelangi.

"Jadilah guru kaya karena karya"

Itu adalah salah satu pesan yang paling berkesan dari narasumber hari ini. Om Jay namanya, simpel namun begitu menggugah.

Ada tiga hal yang bisa menyebabkan orang kaya di usia muda:
1. Terlahir dari orang kaya
2. Menikah dengan orang kaya
3. Kreatif dengan karya

Om Jay yang sesungguhnya bernama asli Wijaya Kusumah membeberkan pengalamannya berkecimpung di bidang kepenulisan dengan segudang prestasi, hingga akhirnya menjadi motivator yang telah berkeliling ke berbagai pelosok negeri.

Terimakasih untuk kesempatan berharga ini. Terimakasih juga untuk ilmu dan pengalaman yang dibagikan kepada saya, sehingga menggugah hati saya untuk belajar menulis.

Kesimpulan :
> Untuk menjadi seorang trainer kita harus : 
1. Menjaga stamina
2. Mengelola waktu dengan baik
3. Selalu menulis

> Cara menjaga stamina :
a.  Olahraga teratur
b.  Menyayangi istri sepenuh hati dan sepenuh jiwa
c.  Jaga stamina bersama pasangan "cinta sejati itu tak pernah loyo."

> Cara mengelola waktu :
a.  Lakukan kebiasaan setiap hari
Misalnya :
  -menetapkan 4 kebiasaan rutin setiap hari seperti :
15 menit untuk menghafal alquran.
30 menit untuk jogging. 
15 menit untuk membaca buku tertentu untuk pengembangan diri
15 menit untuk meningkatkan kualitas diri

b.  Bagilah waktu secara proporsional
Waktu kita didunia sama 24 jam. 
Kita bagi 3,,waktu didunia nyata, dunia maya,  dunia mimpi. Kalau waktu itu kita kelola dengan baik kita akan sukses dunia dan akhirat. 
C.  Terima job hari libur, sabtu atau minggu sehingga tidak mengganggu kewajiban kita di jam mengajar,, siswa tidak dirugikan atasan juga mengizinkan. 

>Kiat menulis :
a. Mulailah menulis yang disukai atau dikuasai. 
b.  Menulislah dari hati.
C.  Rajinlah membaca karena dengan membaca kita dapat menambah kosakata,  membaca dan menulis itu  saling mendukung kalau kita rabun membaca maka akan lumpuh menulis

Sukses itu tidak selamanya tergantung pada kuantitas, tapi ia memerlukan konsistensi.Sukses itu tidak selamanya memerlukan kerja besar dan cita cita besar, tapi lebih memerlukan pembiasaan. kebiasaan harian yang mudah tapi dilakukan seumur hidup. Buatlah keputusan untuk membangun kebiasaan harian yang rutin, tanpa membebani pikiran dengan kesuksesan besar. Jadi trainer adalah pilihan maka berilah sebanyak- banyaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengajar Gaya Motivator

GURU BETULAN ATAU GURU KEBETULAN   ? Pertanyaan ini hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Mengapa ada pertanyaan seperti itu? A...